skip to main | skip to sidebar

Aug 17, 2012

Prediksi Hari Raya Idul Fitri 2012

Artikel ini terbit berawal ketika saya melihat sebuah status eFBe teman saya yang bernama Dewi Rani yang isinya sebagai berikut:

~"Kpn tow lebr4n'ny kie, minggu t4u senin cieh,,,,,,,,??? ?

bulan

Lalu dengan cekatannya si yang empunya ini blog jalan-jalan merambah ke jaringan internet dengan tidak lupa membawa secangkir kopi ditangan sebagai bahan bakar :D. Dan setelah sekian lama jalan-jalan akhirnya dapat juga narasumber yang boleh dikatakan kompeten mengulas tentang judul diatas. Berikut kutipannya tulisan yang saya sedot dari sidomi.com :

Baik NU maupun Muhammadiyah memberikan prediksi bahwa Hari Raya Idul Fitri ,2012 jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012. Dengan demikian, kemungkinan umat Islam di seluruh Indonesia dapat merayakan Idul Fitri berbarengan.

Pada penentuan awal puasa lalu, ada sebagian umat yang melaksanakan ibadah puasa sejak Jumat, 20 Juli 2012, terutama Muhammadiyah. Sementara itu, pemerintah memutuskan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Namun, kemungkinan besar tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Syawal. Muhammadiyah memprediksikan bahwa saat matahari terbenam pada 29 Ramadhan 1433 H atau Jumat, 17 Agustus, hilal belum wujud. Artinya, puasa akan dibulatkan menjadi 30 hari hingga Sabtu, 18 Agustus. Dengan demikian, 1 Syawal 1433 akan jatuh pada Minggu, 19 Agustus2012.

Sementara itu, seperti dirilis Bisnis Indonesia , Kiai Masdar F. Masudi, Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdatul Ulama juga menyebutkan bahwa dalam kalender NU, 1 Syawal 1433 akan jatuh pada 19 Agustus 2012.

Demikian pula dengan MUI yang memprediksi 1 Syawal jatuh pada tanggal yang sama, 19 Agustus. Dalam hitungan tanggal, memang mereka yang berpuasa sejak Sabtu, 21 Juli 2012 ‘hanya’ genap berpuasa selama 29 hari. Namun, satu bulan dalam tahun Qomariyah memang terdiri dari 29 atau 30 hari.

Pemerintah sendiri, melalui Kementerian Agama akan melangsungkan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1433 Hijriyah yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 18 Agustus 2012.

Besar harapan bahwa tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Syawal 1433 Hijriyah. Dengan demikian, umat Islam di Indonesia dapat merayakan Lebaran bersamaan. Namun, andai terjadi perbedaan sekalipun, hendaknya umat tetap menjalani yang diyakininya tanpa perlu mengklaim pihaknya yang benar dan pihak yang berlainan, adalah yang salah.



Semoga bermanfaat, kalo ada salah mohon dikoreksi, oh iya kalau ingin tahu lebih mendalam tentang metoda dan hukum-hukum penentuan 1 Syawal silahkan download filenya disini




Sebentar lagi lebaran, jangan lupa bayar Zakat Fitrahnya ya.?, ingin tahu lebih banyak tentang zakat fitrah, mampir disini

No comments:

Post a Comment

 

personal blog Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger