skip to main | skip to sidebar

Aug 17, 2012

Benarkah Bangsa Kita Sudah Merdeka.?

dirgahayu

Secara kedaulatan iya memang, kita merdeka. Kita adalah salah satu bangsa yang diakui oleh dunia baik secara De Jure dan De Facto .Yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Dan perangkat-perangkat kenegaraan yang menjadi kelengkapan untuk menjadi sebuah negara telah dipenuhi. Wilayah, Rakyat dan pemerintahan yang berdaulat. Serta pengakuan dari negara-negara lain pun telah ada ditandai dengan penandatangan piagam dalam KMB di Den Haag. Lengkap sudah prasyarat untuk dikatakan negara yang berdaulat.
Sampai disini, apakah kita sudah merdeka....?

Tunggu dulu BUNG..!, merdeka yang dipahami dan di inginkan oleh Founding Fathers jelas bukanlah merdeka dalam artian yang parsial-parsial seperti sekarang ini. Karena berangkat dari sejarah panjang-kelam penjajahan di Indonesia, harapan terbesar mereka adalah kita (bangsa Indonesia ini) menjadi mandiri dalam semua aspek kehidupan, seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 45. Hanya saja itu belum terealisasi maksimal dalam tataran aplikasi.
Buktinya nih angka kemiskinan di Indonesia setiap tahun semakin bertambah dan tingkat pengangguran juga bertambah (bukti nyatanya nih yang empunya blog ini lagi nganggur). Hal ini dikarenakan tidak tersedianya lapangan pekerjaan bagi jutaan rakyat Indonesia dan pemerintah tidak sanggup memberikan solusi taktis dan strategis untuk menyelesaikan permasalahan ini ( bagaimana caranya bisa menyelesaikan masalah-masalah ini kalau tahunya hanya menciptakan lagu dan mengeluh pada rakyat melalui media.... Aaaaaagh payah).


Bahkan untuk sarjana-sarjana muda yang notabenenya "dipersiapakan untuk menjadi komoditas dalam pasar globalisasi" (sistem pendidikan saat ini BUNG..!). Tingkat pendidikan rakyat Indonesia juga sangat memprihatinkan. kenapa? karena pemerataan pendidikan tidak berjalan maksimal ditambah lagi tidak tersalurkan dengan baik anggaran-anggaran pemerintah yang diperuntukkan bagi pendidikan (kayanya kebanyakan koruptornya ketimbang orang benernya). Masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak mengenyam yang namannya bangku pendidikan (buktinya anak tetangga ana yang tak bisa nerusin sekolah ke jenjang berikutnya karna hal biaya sekolah yang teramat mahal, gila gak tuh..!!??). Padahal untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah telah digratiskan bagi siapapun yang sedang menempuh pendidikan pada saat itu. Seandainya kita lagi dijalan coba kita lihat mereka lebih memilih menjadi pemulung, pengamen jalanan, penjual asongan dan lain sebagainya, kenapa bisa seperti itu padahal KATANYA biaya sekolah telah gratis..?
terlantar


- Dimanakah letak kemerdekaan itu ketika melihat masih banyak fakir miskin dan anak-anak terlantar yang tidak diurusi oleh negara dan cenderung dibiarkan saja melunta-lunta dipanjang bahu jalan raya (liat ga lo..!).
- Dimana letak kemerdekaan itu jika anak kecil usia 3 tahun harus berjalan disepanjang lampu merah untuk mencari sesuap makan..!
- Dimana letaknya kemerdekaan itu ketika kita melihat banyak anak-anak bangsa yang hidupnya dari memakan sisa makanan yang ada di tong-tong sampah..!
- Dimana letaknya kemerdekaan itu jika setiap hari kita melihat anak-anak kecil tanpa orang tua tidur ditrotoar jalan..!
- Dimana letaknya kemerdekaan itu ketika setiap saat kita melihat anak-anak bangsa dan keluarganya dirobohkan rumahnya dan diusir dari tanahnya..!
Dimanaaaa....????!!

- Apa bedanya masa penjajahan dulu yang mana bumi kekayaan kita diambil oleh penjajah - dengan sekarang...!?
- Apa bedanya penjajah masa dulu dengan pemerintah masa kini yang mengambil rumah dan tanah rakyat dengan alasan ketertiban....!?
- Apa bedanya masa penjajah dulu dengan masa kini jika rakyat tidak memiliki tempat tinggal untuk bernaung...!?
- Apa bedanya masa penjajahan dulu dengan masa kini jika masih ada rakyat yang harus menangis meringis menahan lapar...!?
- Apa bedanya masa penjajahan dulu dengan masa kini jika rakyat tidak bisa merasakan MERDEKA yang sesungguhnya...!?
Apa bedanya BUNG..!??

Dan pada akhirnya kita akan berkesimpulan bahwa kemerdekaan yang telah kita rebut pada tahun 1945 silam tidaklah sepenuhnya berhasil kita raih. Karena sampai saat ini kita masih saja dijajah tidak secara langsung dan tidak secara fisik, benarkah begitu.???




Renungan pribadi di malam kemerdekaan RI, sembari menikmati penatnya pikiran ini.

No comments:

Post a Comment

 

personal blog Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger