skip to main | skip to sidebar

Feb 25, 2012

Aneka Tips Seputar Kehamilan

Katanya sih Kehamilan merupakan saat yang paling menyenangkan bagi seorang wanita. Benar atau tidaknya saya tidak tahu :D karena sang penulis disini adalah seorang pria :D dan perlu saya tanyakan juga nih sama adek saya yang tengah hamil muda, hehehe..

Berikut adalah Aneka Tips Seputar Kehamilan yang saya dedikasikan untuk adek saya yang tengah hamil muda dan untuk para pembaca calon ibu pada umumnya, yang saya ambil dari beberapa narusumber.


ibu hamil
Kehamilan adalah anugerah yang harus dijaga karena tidak semua wanita dapat merasakannya. Oleh karena itu seorang ibu hamil hendaknya benar-benar menjaga kandungannya serta mencari informasi yang benar seputar kehamilan yang bermanfaat untuknya.

Tidak semua ibu hamil mengetahui bagaimana menjaga kehamilannya dengan baik walaupun telah berkali-kali melahirkan, itu semua dikarenakan karena kurangnya pengetahuan mereka tentang seputar kehamilan. Banyak wanita percaya tentang berita yang tidak benar seputar kehamilan, terutama masyarakat masyarakat pedesaan meskipun tidak semua. Mereka mempercayai mitos-mitos menyesatkan yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah kebenarannya. Jangan sampai kita salah anggapan tentang Mitos Ibu Hamil

Oleh karena itu tiap wanita harus mengetahui informasi yang benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan. Berikut ini beberapa tips kehamilan yang semoga bermanfaat bagi tiap ibu hamil:

1. Rutin memeriksakan kandungan ke bidan atau dokter kandungan.
Pada trimester pertama paling tidak sebulan sekali kandungan harus diperiksakan supaya mengetahui apakah janin dalam kandungan sehat atau bermasalah. Ketika kehamilan sudah mencapai 8 atau 9 bulan, maka pemeriksaan harus lebih sering dilakukan.
Untuk bahan tambahan baca juga Tips Kehamilan Trimester Pertama


2. Usahakan makan dengan teratur dan memilih menu makanan yang banyak mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jangan berprinsip asal kenyang, karena kekurangan zat gizi akan berpengaruh buruk bagi perkembangan janin.

3. Bila ibu hamil mengalami ngidam seperti rasa mual, muntah, pusing, badan terasa lemas, ingin makan makanan tertentu, maka atasilah dengan makan buah yang segar. Usahakan tetap makan walaupun sedikit-sedikit, bila sering muntah maka beri air madu atau sari kurma sebagai penghasil kalori.
Kalau membaca tentang hal tersebut jadi inget istilah ngidam. Lalu, Apakah Ngidam Itu Mitos?

4. Jaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tinggal. Pada umumnya saat ibu hamil, sistem kekebalan tubuhnya mengalami penurunan. Ini dikarenakan perubahan kondisi tubuh dan hormon, selain itu juga karena wanita yang ngidam seringkali kekurangan asupan gizi. Jika sanitasinya buruk, maka mudah terjangkit penyakit.

5. Mengikuti senam hamil dengan tujuan menyiapkan persalinan. Senam hamil diperlukan untuk melatih ibu hamil supaya mudah saat melahirkan, baik dalam hal gerakan ataupun latihan pernafasan. Namun jika ibu hamil ingin mengikuti senam ini, maka harus dalam pengawasan pelatih supaya tidak terjadi kesalahan gerakan yang bisa berakibat fatal.

Atau cukup Berjalan kaki. Hal ini untuk menjaga otot-otot kaki Anda agar kuat dan akan membantu dalam proses persalinan.

6. Mempersiapkan puting susu yang akan digunakan untuk menyusui saat bayi sudah lahir. Kedua puting susu harus digunakan secara bergantian, sehingga keduanya harus disiapkan. Caranya adalah rutin membersihkan puting susu dengan minyak zaitun atau air hangat. Dengan demikian area puting susu dan areola akan bersih, serta kotoran yang menyumbat puting pun akan hilang. Selain dibersihkan, payudara juga perlu dipijat dengan lembut supaya peredaran darahnya lancar. Puting susu yang masuk ke dalam juga perlu diurut supaya dapat keluar.

7. Jauhi stres dan kelelahan, kedua hal ini bisa mengganggu kesehatan jasmani dan rohani ibu beserta janin dalam kandungannya.

8. Jangan mudah percaya dengan mitos-mitos seputar kehamilan yang kebenarannya tidak dapat dipertanggung jawabkan. Misalnya seorang ibu hamil harus memakai peniti, silet pada bajunya untuk melindungi bayinya, wanita yang hamil tidak boleh makan daging dan tidur di awal kehamilannya, tidak bolehnya wanita hamil memakai kalung supaya bayinya tidak terlilit tali pusar, dan sebagainya. Simak juga mitos-mitos yang memang sudah turun-temurun budayanya,silahkan disimak disini

Mitos-mitos di atas tidak ada kebenarannya sama sekali, sudah seharusnya ibu hamil lebih condong kepada informasi seputar kehamilan dalam tinjauan medis.

9. Siapkan baju-baju dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan ketika melahirkan misalnya baju ganti bagi ibu, kain jarik atau sarung, perlengkapan bayi, pembalut, handuk, dan sebagainya. Sebaiknya persiapkan perlengkapan ini jauh-jauh hari sebelum waktu melahirkan tiba, supaya siap sewaktu-waktu dan tidak tergesa-gesa.

10. Berhati-hati saat melakukan hubungan suami istri, jaga jarak waktu supaya tidak terlalu sering karena sperma mengandung hormon yang merangsang rahim berkontraksi.

11. Bagi para suami hendaknya memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih pada saat istri mengandung. Hal ini sangat membantu istri untuk lebih bahagia dan tenang dalam menghadapi kehamilan. Dengan beberapa tips kehamilan di atas, diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi ibu hamil dalam menjaga kehamilannya.

12. Bagaimana seharusnya Anda tidur di malam hari? Tidur telentang ketika hamil dapat membahayakan punggung, karena beban tambahan duduk lurus pada sumsum tulang belakang Anda. Lebih baik jika anda tidur miring ke sisi kiri. Posisi ini juga memastikan aliran oksigen yang optimal untuk bayi Anda.

13. Luangkan waktu untuk membaca beberapa bacaan setiap hari. Ini tidak akan menjamin bahwa bayi Anda akan tumbuh pecinta sastra, tetapi membaca jelas merupakan suatu kegiatan yang santai. Pada kenyataannya, cara yang baik bagi Anda untuk mengurangi depresi. Jika Anda membaca buku humor di masa kehamilan Anda, Anda akan banyak tertawa, dan bayi Anda juga selalu tersenyum dan tertawa.

14. Mendengarkan musik adalah hal yang menenangkan. Para ahli mengatakan jika Anda sering mendengarkan musik klasik ketika bayi Anda dalam kandungan, bayi Anda akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.




Sumber:
-tokoibu.com
-kehamilan.org

No comments:

Post a Comment

 

personal blog Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger